(031)3949890
kecamatandukun9@gmail.com
Jl. Raya Dukun No. 04
Dukun | Sejarah

Sejarah Kecamatan Dukun

Dukun adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Gresikprovinsi Jawa TimurIndonesia. Lokasi kecamatan ini terletak di tepi Bengawan Solo, sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Lamongan yang terpisah oleh Bengawan Solo, Sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Panceng dan Sidayu Kabupaten Gresik, sedangkan sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik, sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan.

Wilayah ini sebagian besar merupakan dataran rendah yang tidak mengandung kapur sehingga pada umumnya masyarakat mengolah dan mempergunakan tanah tersebut sebagai sawah, tambak, kebun dll. yang mana disepanjang Desa-desa.Terletak di tepi aliran sungai Bengawan solo sehingga kecamatan Dukun mempunyai tanah yang Subur. Para petani juga biasanya memanfaatkan aliran sungai bengawan solo untuk pengairan sawah mereka.Pertanian di kecamatan Dukun sangat maju.Hampir setiap penduduk di kecamatan Dukun mempunyai sawah dan komoditas terbesar mereka adalah Padi dan Jagung.

Di Kecamatan ini juga terkenal dengan buah mangga yaitu mangga gadung. Selain pertanian di kecamatan Dukun juga terkenal dengan budidaya perikanan. Hal ini terbukti dengan banyaknya tambak milik penduduk sekitar di kecamatan Dukun. Masyarakat sekitar membudidaya ikan Bandeng dan Udang Windu. Selain itu, kecamatan Dukun juga berpotensi dalam industri rumah tangga karena sebagian masyarakat kota Gresik beragama islam maka banyak penduduk di kecamatan Dukun yang bekerja di bidang tekstil pembuatan kerudung dan mukenah. Industri ini menjadi komoditas yang besar.

#